Free Web Hosting

Welcome

Terima kasih telah berkunjung. Anda adalah pengunjung ke Website Hit Counters
stats counter

Sabtu, 31 Mei 2008

Barang Mentean

4. Apa yang dapat dilakukan dengan adanya sebuah website?
Website Anda dapat digunakan untuk berbagai tugas, misalnya:
a. Membuat pengumuman atau pemberitahuan.
b. Memberikan pelayanan kepada Customer Anda
c. Menerima masukan dari pengunjung/customer Anda
d. Membagi dan mendistribusi file dan foto
e. Berkomunikasi langsung dengan Customer Anda yang berada di belahan dunia manapun

Pengetahuan Dasar Untuk Menjadi Web Designer

Author: ekopurwanto | Published: 28th May 2007
Category: Internet dan Web

Website merupakan media yang paling mudah dan cepat dalam mempublikasikan organisasi, pribadi dan perusahaan. Media ini menjadi sangat favourite saat ini karena dengan cepat akan menjadi berguna ataupun malah sebaliknya. Website menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari citra perusahaan sehingga diperlukan kehati-hatian dalam menentukan desain maupun isinya.

Dalam pembangunannya dibutuhkan beberapa pengetahuan/keterampilan standar sehingga website yang dihasilkan menaikkan citra perusahaan. Tulisan ini sebagai dasar bagi pemula untuk berani memulai membangun website dan memulai memasuki cakrawala baru yang dapat meningkatkan ketrampilan dan pendapatan anda.

Untuk memulainya, anda harus mengetahui dan menguasai beberapa pengetahuan/software diantaranya:

1. Perencanaan website

Proses ini merupakan awal dalam merencanakan halaman web dan seluruh web. Dimulai dengan mengumpulkan seluruh data dan informasi kemudian hasil akhirnya adalah sebuah “sitemap” lalu dimulai dengan merancang tata letak (layout) halaman, biasanya dilakukan mendesain tata letak halaman depan dan halaman kedua. Dalam mendesain halaman ini beberapa komponen penting biasanya masuk adalah navigasi, content, rencana letak image, copyright (bagian footer), komponen website dan hal lain yang dianggap perlu. Software yang biasa digunakan adalah: Microsoft Visio dan penulis sendiri menggunakan ConceptDraw Webwave (http://www.conceptdraw.com).

2. Desain Halaman Web Dasar

Berdasarkan hal diatas selanjutnya kita mulai melakukan desain web dengan menterjemahkan perencanaan ke dalam software desain, keahlian yang mesti diperdalam adalah typografi (kemampuan memilih font yang tepat), tata letak halaman (menguasai kemampuan membagi ruang halaman), pewarnaan (menguasai konsep warna dan pemilihan warna berdasarkan warna perusahaan dan teori pencampuran warna). Software yang digunakan salah satunya Adobe Photoshop, dengan mempelajari pembuatan tombol/navigasi, background, bekerja dengan teks, manipulasi gambar/image, dan khususnya memperdalam teknik-teknik desain website. Banyak sekali resource gratis yang bisa anda temukan di website khususnya belajar photoshop untuk website, anda bisa mencarinya di search engine dengan keyword “tutorial photoshop for web”. Untuk memudahkan anda mendesain web ini, penulis telah menyediakan sebuah web yakni www.dokumenkerja.com, anda tinggal download dan modifikasi tampilan website yang anda inginkan.

3. Desain Halaman Web Lanjutan

Untuk meletakkan halaman web hasil desain photoshop di atas, diperlukan mengubah halaman web ke dalam bentuk HTML, dan diperlukan sebuah software yakni salah satunya Adobe Dreamweaver. Dreamweaver ini yang membantu pengaturan halaman-halaman desain diubah ke HTML. Selain Dreamweaver banyak software sejenis lainnya seperti Microsoft Frontpage. Seperti juga Photoshop untuk mempelajari Dreamweaver tersedia banyak sekali tutorial gratis. Jika anda ingin cepat mudah silahkan saja mencari buku tentang Dreamwever ini toko buku.

4. Membuat Video, Flash, Shockwave dan Audio

Saat ini banyak sekali software yang digunakan untuk membuat video, flash, shocwave dan audio yang bertujuan untuk membuat website kelihatan lebih apik dan powerful. Gabungan beberapa komponen ini kita sebut dengan animasi web dan diperlukan rencana detail agar animasi yang dibuat tepat sasaran dan sesuai dengan isi website. Sedangkan untuk pemilihan software tergantung pada tingkat kerumitan animasi web, untuk saat ini yang sering digunakan adalah Adobe Flash.

Demikian beberapa kebutuhan dasar keahlian/keterampilan yang mesti dimiliki untuk menjadi desainer web/webmaster, dan untuk menjadi ahli diperlukan latihan-latihan dan beranikan diri untuk mendapatkan project-project riil dalam membangun website.Selamat mencoba.
DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
Pengetahuan Dasar Untuk Menjadi Web Designer
DOWNLOAD SOFTWARE PENDUKUNG:
Acrobat PDF Reader
Download Full ArchiCAD Free Student & Teacher Version in your language with Tutorials!
Free Visual Basic Find Solutions for your Business. Free Reports, Info & Registration!
ARTIKEL LAIN YANG BERHUBUNGAN:
Spiralisasi Pengetahuan: Teknik Menghidupkan Pengetahuan Kita
Strategi Pengelolaan Pengetahuan Untuk Daya Saing
Pendekatan Knowledge-Base Economy dalam Pengembangan Masyarakat
Informasi Online dalam Dunia Riset dan Pendidikan
Dasar-Dasar Pemrograman Java
Action Script 2.0 pada Flash MX 2004
Sekilas tentang Knowledge Management
Penggunaan Pen Tool Pada Macromedia Flash
Konsep Dasar Membuat Web
Dasar Pemrograman Java
(Dari: http://ilmukomputer.com/2007/05/28/pengetahuan-dasar-untuk-menjadi-web-designer/)

 
DASAR PERANCANGAN WEBSITE
(ditulis sebagai pemantik belajar mahasiswa Desain Website UNS)


Tahapan Perancangan Website
Perencanaan yang baik adalah bagian besar dari sebuah solusi. Begitu juga dalam perancangan website. Sesederhana apapun sebaiknya tetap dilakukan perancangan. Keseluruhan aspek yang diperhatikan sebelum perancangan akan berpengaruh besar terhadap setiap pilihan tampilan website yang akan dibuat. Tahapan umum dalam perancangan website adalah :

1. Tentukan tujuan
Tujuan ditentukan sesuai kebutuhan, Misalnya website dikti, website instansi pendidikan, instansi pemerintah, website butik, website persahaan nasional  website pribadi dll. Tujuan yang focus akan memudahkan informasi apa saja yang akan ditampilkan dalam website. Buatlah website seperti rumah nyaman bagi tamu, bukan seperti gudang tempat menyimpan apa saja.

2. Analisis calon pengakses situs (surfer). Pemahaman atas aspek ini berpengaruh besar pada preference tampilan website. Memberi pengaruh dalam pertimbangan pemilihan berbagai komponen website juga pemilihan gaya navigasinya. Tentu berbeda preference tampilan website produk kecantikan dengan website science/ teknologi. Kehadiran website juga mempengaruhi citra atau image surfer terhadap  lembaga atau perusahaan.
 
3. Perencangan storyboard.
Storyboard sebenarnya lebih dikenal dalam pembuatan komik/ kartun. Istilah ini sengaja digunakan untuk menunjukkan keseluruhan komponen, tata letaknya  semua hal yang bisa terjadi dalam website termasuk bagaimana  informasinya. Pilihan font, warna, penggunaan graphic dan image, animasi serta komponen website yang lain. Storyboard menjadi semacam prototype dari website yang akan dibangun.
Storyboard adalah desain dasar dari tiap-tiap webpage yang membangun sebuah website. Dari storyboard tersebut direncanakan dimanakah penempatan komponen-komponen sebuah website, sehingga akan didapatkan sebuah design yang terencana.
 
Komponen Website
Selain bersentuhan masalah penulisan tag atau scripting seperti html atau  language, dalam perancangan website juga terdapat sesuatu yang tak terukur, lebih ke art/ seni, kesukaan, kreatifitas dsb, yang memberi nilai indah dan cantik dari sebuah website. Dalam bagian ini akan dibahas tentang berbagai komponen umum website beserta general guidlinenya, yang mungkin banyak bersinggungan dengan nilai tak terukur tersebut.

a. Font
Dalam sudut pandang seni, semua komponen dapat memiliki karakter. Artinya penggunaan font tertentu untuk membuat teks dapat mewakili karakter tertentu. Dalam ilmu desain disebut Tipografi. Saat ini sudah dikenal banyak sekali tipe font 2D ataupun 3D. Namun, dari semua font tersebut, dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian.
 
Berikut guidline umum dari Tipografi:
1. Roman
Mencerminkan sifat feminis, lembut, ksatria, klasik. Bentuknya biasanya mempunyai tebal-tipis, dan kaki runcing atau berkait. Dalam penggunaan specific, biasanya font ini dilakukan banyak modifikasi. Seperti untuk nama perusahaan, nama majalah dll.
 
Contoh:
Book Antiqua
Garamond
University Roman LET
Times New Roman
2. Egypt
Mencerminkankan karakter kuat, tegar, kokoh, jantan, konstruktif. Bentuknya
biasanya balok dan berkaki tebal
Contoh: Arial Black
Impact
3. Sanserif
Memiliki karakter formal, resmi, atau tidak mengungkapkan rasa tertentu.
Berbentuk lugas, tak berkait dan keterbacaannya sangat tinggi. Biasa
digunakan untuk font majalah buku atau artikel.
Contoh: Tahoma
Verdana
Arial
Avant Garde
4. Script
Memiliki karakter personal, aristocrat, klasik, anggun, atau tradisional.
Berbentuk semacam tulisan halus, atau tulisan tangan.
Contoh: Monotype Corsiva
Park Avenue
Radagund
5. Fantasi
Memiliki karakter kebebasan, anti kemapanan, kontemporer. Karakter yang
dihasilkan dari tipe ini bisa lebih banyak lagi seperti karakter kurus, gemuk,
kids, baby, militer, funny, sad dll. Berbentuk bebas merupakan huruf baru yang
dkembangkan dari huruf standart yang ada. Hampir semua instansi atau
lembaga bahkan personal mengembangkan sendiri dan dipatenkan. Seperti
pilihan font proxl, Simpati, Indosat dll.
Contoh: Ruach LET
Bradley Hand
Curlz MT
b. Warna
Seperti halnya pemilihan font. Pemilihan warna juga mewakili sebuah karakter tertentu dan dapat berpengaruh pada kenyaman penglihatan surfer. Mata cenderung lebih cepat melihat warna daripada bentuk.
1. Warna terang
Memiliki daya pantul > 50%. Biasa digunakan untuk background, karena dapat menonjolkan semua bentukan di atasnya.
Contoh: Hijau muda, memberi kesan cerah, segar, nyaman di mata
Biru muda, memberi kesan dinamis, segar
Lime, citrus, memberi kesan ceria
Pastel, memberi kesan natural, alami, tradisional
Pink, memberi kesan romantis
Light purple, memberi kesan anggun
Gray,memberi kesan suram
Putih, memberi kesan bersih, cantik

2. Warna sedang
Memiliki daya pantul 25 – 50 %. Bersifat umum, artinya dapat diberikan karakter bebas, dan biasanya tergantung dengan penggunaan warna lain di sekitarnya. Bisa digunakan untuk warna line, image holder, warna menu/ image navigasi dll. Menguatkan karakter background.
Contoh: Hijau standart cocok dipadukan dengan hijau muda, memberi kesan
cerah, segar, nyaman di mata, jangan dengan purple atau merah.
Biru standart cocok dipadukan dengan biru muda, untuk menguatkan kesan dinamis, segar, jangan dengan coklat, purple atau merah. Semua warna standart cocok dipadukan dengan putih, memberi banyak variasi kesan.
 
3. Warna gelap
Memiliki daya pantul

(Dari: http://aminari.files.wordpress.com/2008/02/pekan5.pdf)


Dec
31
Tips untuk Web Design
Artikel & Tutorial, Web Design
Add comments

Apakah para pengembang web memahami berapa lama orang akan mengunjungi websitenya?
Apakah kita adalah internet newbie atau pemasar berpengalaman, kita perlu memahami hal terbaik tentang website, disain menjadi bagian yang menyangkut sukses kenyamanan.

Berikut tips untuk kesuksesan sebuah web:

1. Navigasi
Kita pernah bahas bagian ini pada artikel merancang navigasi website

Ketika orang datang ke website kita mereka pada umumnya mencari sesuatu yang khusus.Misal resep untuk diet rendah, sehat dan mencarinya serta menyiapkannya kurang dari beberapa menit atau apa yang merupakan bisnis terbaik untuk dimulai secara online.
Apapun yang pengunjung inginkan, kita harus mempunyai jawaban untuk itu. Maka tanyakan pada diri kita,kenapa orang-orang datang ke website kita? Ketika kita mengetahuinya kemudian kita harus membuatnya gampang untuk mereka temukan apa yang mereka cari.

2. Grafis
Jika kita menjalankan suatu site profesional, dan tidak menggunakan grafis/gambar2 yang menyenangkan, maka jangan harap orang akan mau berlama-lama di website kita. Orang datang keweb
kita untuk mencari informasi. Tidak untuk klik suatu iklan atau mengasah otak saja.

Membuat website menjadi lingkungan menyenangkan bagi pengunjung untuk menikmatinya. Memikirkan seperti kita pergi ke mall. Kita ingin masuk suatugudang/ toko yang bersih, yang dipersiapkan, mempunyai layanan baik pada pelanggan dan produk yang sedang dicari. Website kita perlu mencerminkan hal ini. Jika ada apa yang kita harapkan didalamnya
seperti pengalaman berbelanja, pengunjung akan menikmati apa yang sedang mereka cari diwebsite kita.

3. Warna
Ya, bagian ini juga sudah kita bahas di artikel sebelumnya. (link)
Warna adalah pilihan perorangan, tetapi studi menunjukkan warna itu mempunyai suatu pengaruh pada emosi publik.
Jika kita mempunyai suatu lokasi investasi keuangan,
Pilih warna konservatif. Atau jika kita menjual materi pantai, maka pilihlah warna yang lembut.

4. About Us
Orang pada umumnya ingin mengetahui hal-hal dasar sebelum mereka berbisnis dengan kita. Siapa kita, bagaimana cara mereka mendapatkan suatu pegangan dari kita, apa produk kita atau garansi jaminan, kapan mereka akan mendapatkan produk, dan lain lain. Kita harus menjawab
pertanyaan ini untuk menciptakan kepercayaan antara kita dan pelanggan potensial.

5.Sitemap
Anggaplah kita mempunyai banyak sumber daya dan halaman atau produk.
Sitemap membantu pengunjung untuk temukan apa yang sedang mereka cari dengan cepat tanpa harus menggeledah keseluruhan situs.
Hal ini sangat bermanfaat untuk website yang berskala besar, karena membantu pencarian untuk mengetahui apa yang ada disekitar dengan cepat.

6. Loading yang cepat
Tidak ada yang lebih buruk dibanding loading halaman website yang lambat. Kita dapat mengoptimalkan grafik untuk website. Orang benci untuk menunggu. Kamu dapat memeriksa halaman dan waktu beban halaman tergolong pada Alexa.Com.
Lambatnya halaman sama artinya bagi kematian suatu bisnis online.

7. Shopping Cart
Jika kita sedang menjual jasa atau materi,kita memerlukan suatu yang dapat diorganisir baik dan dapat dipercaya.kita lihat beberapa websites
mempunyai suatu banyak produk mendaftar dan email untuk pemesanan.
Apakah suatu mimpi buruk! Ya, shoping cart menuntut kita untuk pembayaran, tetapi itu sangat berharga untuk menangani transaksi. Ada banyak shoping cart yang tersedia dan kita akan riset berdasar pada kebutuhan bisnis.

8.Templates atau Disain Asli
Orang-Orang sering berpikir untuk mempunyai suatu website yang dirancang akan berharga ribuan. Sehingga mereka memilih templates dan menyusun lokasi.
Tidak ada salahnya dengan pendekatan ini kecuali dapat menceritakan
perbedaan antara apa yang panggil “canned” site dan apa yang
diciptakan sejak awal. Selagi kita tidak berpikir suatu website yang
menggunakan templates akan mengurangi pengunjung, kita berpikir mungkin
tidak menarik.

9.Customer service
Ok, maka dari itu bagaimana layanan pelanggan suatu website didisain?
well, layanan pelanggan harus tertulis dilokasi kita. Dari tips,laporan gratis,jaminan, untuk mempercepat dan berbelanja/shop. Orang ingin mengetahui banyak tentang apa yang kita bicarakan dan dikirimi
barang-barang yang mereka ingin.Berilah sedikit dan dijaminan kita akan mendapatkan sepuluh kali lipatnya.
(http://www.rumahweb.com/journal/tips-untuk-web-design.htm#more-19)

Tidak ada komentar: